5 KEPUTUSAN INILAH YANG DAPAT MEMBUATMU MENYESAL SAAT PENSIUN







Kita dapat membuat ratusan keputusan setiap hari. Keputusan itu jugalah yang dapat membawa kita kearah yang lebih baik atau bahkan lebih buruk. Bagi beberapa orang tentunya mengambil keputusan pengsiun memanglah sangat sulit apalagi dalam keadaan pas-pasan. Dan berikut ini adalah 5 keputusan  pengsiun yang dapat membuat kamu menyesal seperti dikutip dari CekAja.com:

Mengambil uang Jaminan Hari Tua (JHT)
Sejatinya uang JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran 2 persen pekerja dan 3,7 persen pemberi kerja diperuntukkan supaya pensiun Anda sejahtera.
Namun jika Anda mengambilnya lebih dini untuk membeli barang konsumtif, ini berarti bekal untuk pensiun Anda semakin berkurang. Apa Anda sudah siap hidup pas-pasan?

Mengambil tenor panjang
Salah satu syarat pengajuan KPR adalah batas usia pelunasan maksimal 55 tahun untuk pegawai dan 60 tahun untuk wiraswasta. Ini bertujuan supaya di hari tua, Anda tidak perlu dipusingkan oleh besarnya cicilan.
Jika Anda ingin mencicil rumah atau kendaraan, sebaiknya lunasi dalam jangka waktu lima tahun sebelum pensiun agar bisa fokus meanbung dan investasi untuk pensiun.

Mengabaikan inflasi
Menabung saja tidak cukup. Sebanyak apapun Anda menabung, nilainya bisa menurun karena inflasi. Selain inflasi, saldo tabungan juga makin menyusut karena iuran bulanan.
Bagi Anda yang berpikir menginvestasikan uang terlalu berisiko dan berpikir menabung saja sudah cukup aman, sebaiknya ubah cara pikir ini. Investasi memang berisiko, tapi Anda bisa memilih varian produk investasi dengan risiko rendah

Hanya mengandalkan satu sumber pemasukan
Mungkin Anda membayangkan bisa bekerja sampai usia 55 tahun sehingga bisa memperkirakan berapa tabungan yang harus disiapkan untuk pensiun.
Tapi bagaimana jika Anda tidak bisa bekerja selama itu karena sakit? Atau bagaimana jika ternyata Anda harus menunda pensiun karena tabungan belum cukup?
Pastinya Anda tidak ingin hal seperti ini terjadi. Oleh karenanya, Anda harus mempersipakan pemasukan dari sumber lain agar ketika sudah tidak bekerja Anda masih mendapat pemasukan.

Nah lima hal itulah yang dapat membuat anda akan menyesal ketika pensiun nanti. Jadi jangan pernah melakukan hal yang tidak perlu seperti ituya di saat kita masih sanggub bekerja. Dan semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan di saat pensiun.

Comments

Popular posts from this blog

HOW TO GET 5000 $ WITH CRIPTO

APLIKASI SMARTPHONE PENGHASIL DOLAR | DAPATKAN DOLAR HANYA DENGAN SMARTPHONE MU

HASIL KARYA ANAK BANGSA YANG AKAN MEMBUATMU KAGUM